Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan dalam sejarah perkembangannya
telah banyak mengalami suksesi kepemimpinan yang dalam civitas pesantren
lebih familiar dengan sebutan pengasuh telah memasuki periode keenam.
1. PERIODE KH ABDUL MANNAN (1830-1862)
KH Abdul Mannan yang mempunyai nama kecil Raden Bagus Darso adalah putra dari Raden Ngabehi Dipomenggolo. Beliau adalah peletak batu pertama Pondok Tremas yang dirintis selepas studinya di Pondok Tegalsari Ponorogo di bawah asuhan KH Hasan Besari.
Selanjutnya beliau mendirikan pondok pesantren didesa Semanten (1 Km
dari arah Utara Kota Pacitan). Dengan dasar pertimbangan kekeluargaan,
jauh dari keramaian atau pusat pemerintahan, dan lebih kondusif bagi
para santri dalam belajar maka akhirnya beliau mutasi ke daerah Tremas. Dari nama desa Tremas inilah kemudian pondok ini masyhur dengan sebutan Pondok Tremas.
Hingga akhirnya KH. Abdul Manan wafat pada hari Jum’at (minggu pertama)
bulan Syawal 1282 H. dan dimakamkan di desa Semanten. Beliau
meninggalkan tujuh orang putra, yang antara lain adalah KH. Abdullah.
Generasi Pertama Orang Indonesia di Al Azhar Mesir
Dalam buku Jauh di Mata Dekat di Hati; Potret Hubungan Indonesia – Mesir terbitan KBRI Kairo, disebutkan bahwa pada tahun 1850-an di komplek Masjid Al Azhar telah dijumpai komunitas orang Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan adanya Ruwak Jawi (hunian bagi orang Indonesia). Selain Ruwak Jawi, di masjid ini juga terdapat tiga Ruwak lain, yakni Ruwak Atrak (Turki), Ruwak Syami (Suriah) dan Ruwak Maghorobah (Maroko).
Salah satu pelajar pertama Indonesia yang tinggal di Mesir dan
tercatat di buku terbitan tahun 2010 ini adalah KH Abdul Manan
Dipomenggolo Tremas, kakek dari Syaikh Mahfudz Attarmasi.
KH Abdul Manan Dipomenggolo tinggal di Al Azhar Mesir sekitar tahun
1850 M. Selama di Negeri Piramid, beliau berguru kepada Grand Syeikh
ke-19, Ibrahim Al Bajuri. Jadi wajar di tahun-tahun itu ditemukan kitab Fath al-Mubin, syarah dari kitab Umm al-Barahin yang merupakan kitab karangan Grand Syeikh Ibrahim Bajuri mulai dibaca di beberapa pesantren di Indonesia. Pengembaraan KH Abdul Manan Dipomengolo dalam menuntut ilmu di timur
tengah kelak diikuti oleh generasi selanjutnya, yaitu KH Abdullah (Putra
KH Abdul Manan Dipomengolo), Syaikh Mahfudz Attarmasi, KH Dimyathi
Tremas, KH Dahlan Al Falaki Tremas (Ketiganya kakak beradik, Putra KH
Abdullah) yang menuntut ilmu di Makkah.
KH Abdul Manan Dipomengolo telah berhasil meletakkan batu landasan
sebagai pangkal berpijak ke arah kemajuan dan kebesaran serta keharuman
pondok pesantren di Nusantara. Kegigihannya dalam mendidik
putra-putranya sehingga menjadi ulama-ulama yang tidak saja menguasai
kitab-kitab yang dibaca, lebih dari itu, juga berhasil menyusun berbagai
macam kitab dan memiliki kontribusi besar terhadap perkembangan dunia
Islam, seperti Syaikh Mahfudz, seorang ulama besar Nusantara, Malaysia,
dan Thailand yang pernah menjadi imam Masjidil Haram dan pemegang sanad
Shoheh Bukhori-Muslim.
Maka sangat wajar bila nama KH Abdul Manan Dipomengolo, pelajar
Indonesia pertama di Al Azhar Mesir dan pendiri Pesantren Tremas disebut
sebagai peretas jejaring intelectual chains generasi ulama-ulama nusantara. Sedangkan Dalam kitab Al-Ulama’ Al Mujaddidun karya KH.
Maimoen Zubair Sarang Rembang, Kiai Abdul Manan adalah salah seorang
ulama Ahlussunnah yang pertama kali membawa, mengaji dan mempopulerkan
kitab Ithaf Sadat Al-Muttaqin, yaitu syarah dari kitab Ihya’ Ulumuddin karya Imam al-Ghazali.
2. PERIODE KH ABDULLAH(1862-1894)
Sepeninggal KH. Abdul Manan, maka pengasuh atau pimpinan digantikan oleh putranya yang bernama KH. Abdullah. Pada masa kecilnya beliau mendapatkan pelajaran dasar dari ayahnya sendiri di Pondok Tremas.
Setelah cukup dewasa KH. Abdullloh diajak oleh ayahnya pergi ke
Makkah Al-Mukarromah untuk menunaikan ibadah haji, dan menetap di Makkah
untuk menuntut ilmu. Setelah beberapa tahun di makkah beliau kembali ke
Tremas lagi, dan membantu ayahnya mengajar di Pondok Tremas.
Pada periode ini mulai berdatangan beberapa santri yang berasal dari
daerah lain, seperti Salatiga, Purworejo, Kediri dan lain-lain. Pada
waktu itu baik jalan Pacitan-Ponorogo maupun Pacitan-Solo belum ada
kendaraan, sehingga orang yang ingin memperdalam ilmu pengetahuan agama
Islam ( mengaji ) ke Pondok Tremas harus berjalan kaki dengan melewati
gunung-gunung dan hutan yang masih cukup lebat.
Dengan semakin banyaknya santri maka kebutuhan akan tempat tinggal semakin mendesak hingga akhirnya dibangun asrama baru untuk tempat tinggal mereka yang nantinya di masa KH. Dimyathi lebih dikenal dengan nama “ Pondok Wetan “.
Dengan semakin banyaknya santri maka kebutuhan akan tempat tinggal semakin mendesak hingga akhirnya dibangun asrama baru untuk tempat tinggal mereka yang nantinya di masa KH. Dimyathi lebih dikenal dengan nama “ Pondok Wetan “.
Dalam bidang pendidikan, pada
masa KH. Abdullah ini juga mengalami perkembangan, hal itu disebabkan
karena santri lama yang sudah menghkhatamkan kitab-kitab dasar
berkeinginan untuk melanjutkan beberapa kitab yang lebih tinggi. Sedang
santri lama yang dianggap cakap dilibatkan dalam membimbing santri baru.
Meskipun perkembangan pada masa KH. Abdullah ini tidak begitu
mencolok bila dibandingkan dengan keadaan Pondok Tremas pada masa KH.
Abdul Manan, namun sepanjang KH. Abdullah memimpin Pondok Tremas, beliau
telah berhasil meletakkan suatu batu landasan sebagai pangkal berpijak
kearah kemajuan dan kebesaran serta keharuman Pondok Tremas dikalangan
pondok pesantren khususnya dan pendidikan Islam umumnya.
Keberhasilan KH. Abdullah dalam meletakkan batu landasan tersebut
adalah keberhasilan beliau dalam mendidik putra-putranya sehingga
menjadi ulama-ulama yang tidak saja menguasai kitab-kitab yang dibaca,
tapi lebih daripada itu juga telah berhasil menyusun berbagai macam
kitab yang kontributif bagi dunia ilmu pengetahuan Islam, seperti KH
Mahfudz yang masyhur dengan sebutan “ Attarmasie “ yang memperoleh tempat tersendiri dalam dunia ilmu pengetahuan Islam di negara Arab.
Barangkali karena pengalaman KH. Abdullah dalam menuntut ilmu di
Makkah, sehingga kemudian putra laki-lakinya semua dikirim ke Makkah
untuk menuntut ilmu disana. Putra pertama yang dikirim ke Makkah
bersamaan musim haji adalah Muhammad mahfudz. Setelah mukim disana
beliau menuntut ilmu dengan tekun dibawah asuhan guru utamanya yaitu
Syeikh Abu Bakar Syatha sehingga menjadi ulama besar yang mampu
mendudukkan dirinya sebagai salah seorang pengajar di Masjidil Haram dan
lebih masyhur dengan sebutan Muhammad Mahfudz Attarmasie.
Dikalangan para kyai Jawa, Syaikh Mahfudz terkenal sebagai seorang ahli hadits. Beliau juga diakui sebagai seoarang Isnad(mata rantai) yang sah dalam trasnisi intelektual pengajaran Shohih Bukhori.
Ijazah ini berasal langsung dari Imam Bukhori itu sendiri yang ditulis
sekitar 1000 tahun yang lalu dan diserahkan secara berantai melalui 23
generasi ulama yang telah menguasai Shohih Bukhori. Syaikh Mahfudz
merupakan mata rantai yang terakhir pada waktu itu.
Syaikh Mahfudz bisa dikatakan sebagai seorang penulis yang produktif. Beliau mengarang sejumlah kitab tentang berbagai disiplin keislaman, seluruhnya ditulis dalam bahasa arab. Sayang, banyak karyanya yang belum sempat dicetak bahkan beberapa diantaranya bahkan dinyatakan hilang. Dalam menulis, konon Syaikh Mahfudz ibarat sungai yang airnya terus mengalir tanpa berhenti. Gua Hiro menjadi tempatnya mencari inspirasi. Beliau biasa menghabiskan waktunya di gua tempat Nabi menerima wahyu-Nya yang pertama itu
Diantara karya-karya besar beliau yaitu :
Syaikh Mahfudz bisa dikatakan sebagai seorang penulis yang produktif. Beliau mengarang sejumlah kitab tentang berbagai disiplin keislaman, seluruhnya ditulis dalam bahasa arab. Sayang, banyak karyanya yang belum sempat dicetak bahkan beberapa diantaranya bahkan dinyatakan hilang. Dalam menulis, konon Syaikh Mahfudz ibarat sungai yang airnya terus mengalir tanpa berhenti. Gua Hiro menjadi tempatnya mencari inspirasi. Beliau biasa menghabiskan waktunya di gua tempat Nabi menerima wahyu-Nya yang pertama itu
Diantara karya-karya besar beliau yaitu :
- Al-kil’ah al Fiqriyah bi Syarh Al-Minhah Al-Khoiriyyah 13 bagian
- Al-Budur Al-Munir Al-Imam Ibnu Al-Katsir 6 bagian
- Al-Fawaidz At-Tirmisiah ‘ala As-Sanid Al-Qiro’at As’ariyahsatu bagian
- Al-Is’af Al-Matoli bi Syarh Al-Lami’ Nadhom Jam’ Al- Jawami’2 jilid
- Al-Minhah Al-Khoiriyyah fi ‘Arbain Haditsan min Ahadits Khoir Al-Bariyah dalam 2 bagian
- An-Niyah At-Tholabah bi Syarh Nadhom At-Thoyibah fi Al-Qiro’at Al-As’ariah 1 jilid
- As-Siqoyah Al-Mardiyah fi Asma Al-Kutb Al-Fiqhiyah Asy-Syafi’iyah dalam 3 bagian
- Bughyah Al-Adzkiya’ fi Al-Bahts ‘an Karomah Al-Auliya’ 3 bagian
- Fath Al-Khobir bi Syarh Miftah As-Sair 15 bagian
- Hasiyah Takmilah Al-Manhaj Al-Kowin Ila Al-Faroid 1 jilid
- Inayah Al-Muftakir Fima Yata’alaq bi Sayyidina Al-Hadhor 2 bagian
- Insiroh Al-Muad fii Qiro’ah Al-Imam Hamzah 13 bagian
- Khifayah Al-Mustafid Fima ‘ala min As-Sanid satu bagian
- Manhaj Dzhawi Nadhor bi Syarh Mandumah Ilm Atshar
- Muhibbah Dzy Al-Fadl ‘ala Syarh Muqoddimah Ba Fadhal 4 jilid besar
- Nail Al-Ma’mul bi Hasyiah Ghoyah Al-Wusul fi ‘Ilmi Al- Ushul 3 jilid
- Tahayu’ah Al-Fikr bi Syarh Al-Fiah As-Sair 14 bagian
- Tamim Al-Manafi’ fi Qiro’at Al-Imam Nafi’ 16 bagian
- Tanwir Ash-Shodr fi Qiro’ah Al-Imam Abi Amr 8 jilid
- TsulasiatAl-Bukhori 1 bagian.
3. PERIODE KH. DIMYATHI (1894-1934)
KH Dimyathi bin KH Abdullah adalah adik kandung KH Mahfudz Attarmasie. Seiring kharisma KH Mahfudz Attarmasie dengan karya-karya monumentalnya dan kealiman dan kewibawaan KH Dimyathi maka Pada periode ini Pondok Tremas mengalami masa kebangkitan yang pertama sehingga dapat di kategorikan sebagai “Masa Keemasan I”. Karena pada periode ini banyak santri yang datang dari berbagai daerah untuk belajar di Pondok Tremas. Bahkan menurut data interview dari para senior bahwa kwantitas santri mencapai nominal 3.000-an
Dengan ketinggian ilmu dan spiritualnya, KH Dimyathi lebih dikenal dengan panggilan “Mbah Guru” sehingga akhirnya Pondok Tremas lebih masyhur dengan sebutan “Perguruan Islam Pondok Tremas” yang mengandung pengertian sebagai tempat berguru dan tidak menggunakan istilah yang sering dipakai yakni Pondok Pesantren.
Peninggalan fisik yang saat ini masih terjaga yakni keberadaan Ndalem
( Kediaman) KH. Dimyathi yang terdiri dari empat tiang atau disebut
dengan Soko Papat, hingga kini ndalem tersebut dikenal dengan istilah “Ndalem Paguron Soko Papat” Perlu diketahui bahwa KH Dimyathi pernah mempunyai hubungan “Besan”
dengan pendiri Nahdlotul Ulama’ yaitu KH Hasyim Asy’ari. Terbukti dengan
menikahkan putra beliau yang bernama KH Haris Dimyathi dengan Ny
Fatimah binti KH Hasyim Asy’ari, meskipun pernikahan tersebut tidak
bertahan lama.
4. PERIODE KH. HAMID DIMYATHI (1934-1948)
Dengan adanya peristiwa “Affair Madiun” sebagai ekspresi kebiadaban PKI yang menimbulkan banyak korban, tak terkecuali KH Hamid Dimyathi sendiri pun menjadi salah satu korban kekejaman PKI maka pada periode ini mengalami fase kemunduran.
Sebagaimana yang telah diketahui bahwa KH Hamid Dimyathi terbunuh di
daerah Jawa Tengah ketika dalam perjalanannya ke Jogja guna penyelamatan
jiwanya dan konon atas anjuran Sri Sultan Hamengku Buwono IX.
Dengan kondisi yang tidak menentu ini, maka banyak santri yang lebih
memilih pulang demi keselamatan jiwanya dibanding bertahan. Sehingga
akhirnya Pondok Tremas mengalami masa kevakuman dalam beberapa tahun.
Perlu diketahui bahwa vakum disini bukan berarti tidak ada aktivitas
santri sama sekali namun hanya sebatas tidak ada figur yang dianggap
sebagai Kyai.
5. HABIB DIMYATHI (1948-1997) & PERIODE KH HARIS DIMYATHI (1948-1994)
KH Habib Dimyathi dan KH Harist Dimyathi adalah dua bersaudara dan merupakan adik kandung KH Hamid Dimyathi. Sepulang Beliau berdua dari Pondok Krapyak Jogjakarta dibawah asuhan KH Ali Ma’sum, dengan dibantu KH Hasyim Ihsan yang masih ada kerabat dengan keluarga, mereka bertiga mulai membangun kembali Pondok Tremas.
Pada periode ini merintis adanya pembagian tugas, yakni KH Habib Dimyathi yang memegang kendali seluruh lembaga pendidikan yang ada dibawah naungan Pondok Tremas, KH Haris Dimyathi yang mengembangkan metoda pendidikan dan pengajaran seluruh lembaga pendidikan di Pondok Tremas, lalu KH Hasyim Ihsan menangani bidang social spiritual secara menyeluruh baik intern komunitas pondok dan ekstern masyarakat sekitar.
Dengan adanya job deskripsi yang termenej dengan baik
diantara ketiga beliau maka pondok yang telah mengalami kevakuman ini
berangsur mulai ramai didatangi santri dari berbagai penjuru nusantara.
Sehingga periode ini dapat dikategorikan sebagai “Masa Keemasan II”. Sesuai data statistic pondok, kwantitas santri mencapai 2.500-an.
6. PERIODE KH. FUAD HABIB DIMYATHI & KH LUQMAN HARIS DIMYATHI (1997- Sekarang)
Setelah wafatnya KH Haris Dimyathi, KH Habib Dimyathi dan KH Hasyim Ihsan, kepengasuhan Pondok Tremas dilanjutkan oleh putra-putra beliau antara lain KH Fuad Habib Dimyathi, KH Luqman Harist dan KH Mahrus Hasyim ( Wafat 2006)
Sebagai Public figure yang masih relative muda, Gus Fuad dan Gus Luqman memiliki spirit dan motivasi yang responsif demi kemajuan dan perkembangan Pondok Tremas. Langkah pertama yang mengawali periode ini adalah pembenahan sarana fisik berupa renovasi Masjid Pondok Tremas. Langkah ini dinilai sangat relevan karena masjid merupakan sentral aktivitas komunitas pesantren bahkan masyarakat desa Tremas. Pembangunan masjid yang menghabiskan dana sekitar Rp 2,5 M ini dimulai pada tahun 1998 dan akhirnya selesai sekaligus diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono dalam even Reuni Nasional II pada tahun 2006 silam.
Berikutnya pembangunan infrastruktur yang lain ikut menyusul seperti
pembangunan madrasah sekitar masjid, asrama santri, pavingisasi,
laboratorium computer & bahasa, pengembangan koprasi santri, ruang
diklat dan lain sebagainya yang menunjang pendidikan dan pengajaran
santri.
Disamping pembangunan fisik pondok, langkah strategis lainnya yaitu revisi kurikulum yang relevan dengan perkembangan zaman yang sangat dinamis sebagai upaya menjaga kualitas santri yang sedang menempuh pendidikan, lebih-lebih santri yang telah selesai studinya. Dan yang tak kalah pentingnya adalah Realisasi status “Pesantren Mu’adalah” yang diperoleh Pondok Tremas berdasarkan SK DIRJEN Pendidikan Islam Nomor: DJ.II/DT.II.II/507/2006.
Disamping pembangunan fisik pondok, langkah strategis lainnya yaitu revisi kurikulum yang relevan dengan perkembangan zaman yang sangat dinamis sebagai upaya menjaga kualitas santri yang sedang menempuh pendidikan, lebih-lebih santri yang telah selesai studinya. Dan yang tak kalah pentingnya adalah Realisasi status “Pesantren Mu’adalah” yang diperoleh Pondok Tremas berdasarkan SK DIRJEN Pendidikan Islam Nomor: DJ.II/DT.II.II/507/2006.
Alhamdulillah pada tahun 2014, status Pesantren Mu’adalah sudah
resmi setelah di tandatangani nya Peraturan Menteri Agama ( PMA )
tentang status Mu’adalah oleh menteri Agama RI Lukman Hakim Syaifuddin.
Hingga status Mu’adalah semakin kuat dan mempunyai hak-hak yang sama
dengan lembaga pendidikan formal.
Selanjutnya kwantitas santri Pondok Tremas saat ini masih relatif
stabil pada kisaran 2.000-an. Sehingga dapat dikategorikan bahwa periode
ini dalam fase “Menuju Masa Keemasan III”.
Wallohu a'lam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar